Selasa, 28 April 2015

MAN Insan Cendekia Ikon Madrasah Unggul di Indonesia



Bekasi (Pinmas) —- Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam sedang membangun Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di 20 Provinsi di Indonesia. Hal ini merupakan diseminasi dari MAN IC yang telah ada sebelumnya yaitu MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, dan MAN IC Jambi.
“Pendirian MAN IC merupakan upaya pengembangan madrasah sains atau akademik sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah menyediakan pendidikan bermutu,” demikian ditegaskan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana Madrasah, Bekasi, Senin (27/04) malam. 
MAN IC yang rencananya akan didirikan di 34 Provinsi, diharapkan oleh Kamarudin Amin dapat menjadi ikon madrasah terbaik, madrasah unggul di antara Pendidikan Menengah Atas yang ada di Indonesia.  “Dengan sistem pendidikan berasrama, MAN IC akan menjadi pendidikan unggul yang mampu mencetak anak bangsa tidak hanya cerdas intelektual, namun mempunyai keluhuran budi dan berakhlakul karimah,” tandas Kamarudin Amin.  
Menurut Kamaruddin Amin, upaya untuk menjadikan pendidikan unggul semacam MAN IC ini perlu didukung melalui tindakan afirmasi, melalui pendanaan yang cukup, manajemen yang profesional, guru yang kredibel dan para murid yang diseleksi secara ketat. Oleh karenanya lanjut Kamaruddin, MAN IC harus dibangun atas dasar mutu. “Manajemen boleh berbeda, anggaran juga boleh tidak sama, namun urusan mutu tidak boleh ditawar,” tutur Kamarudin.
Kepada para Pengelola MAN IC di daerah, Guru Besar UIN Alauddin ini berpesan agar dalam mewujudkan MAN IC perlu berfikir out of the box, keluar dari kebiasaan agar menghasilkan madrasah yang benar-benar unggul.
Sebelumnya Kasubdit Sarana dan Prasarana, Sarpani melaporkan bahwa kegiatan Workshop Aplikasi SIM-Sarpras diikuti oleh 40 orang terdiri dari beberapa unsur dari  Kasi Sarpras Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kantor Keagamaan Agama Kabupaten/Kota, MAN INsan Cendekia Serpong dan kalangan Kementerian Agama RI. 
Selain membahas kebutuhan aplikasi Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah, kegiatan  ini juga dijadikan koordinasi para pengelola pembangunan dan penyelenggaraan MAN IC yang saat ini sedang mengemban amanat mewujudkan pendidikan bermutu yang sedang ditunggu oleh masyarakat. (rb/mkd/mkd)

Sumber: http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=255764